Selasa, 07 Juni 2011

LPSE Pola Sederhana

Berdasarkan beberapa pengalaman kami berkunjung dan hasil beberapa pembicaraan kawan-kawan "yang terbatas dalam pendanaan" bercerita, bahwa LPSE itu mahal ? APBD kami tidak cukup untuk membangun sebuah LPSE. Kemudian ketika mau diajak membicarakan soal LPSE jadi terhenti, sepertinya "patah arang". Itu menjadi sebuah pengalaman yang banyak terjadi pada daerah yang jauh dari pusat ibukota, keinginan yang kuat sudah ada, tapi ketika mau implementasi terkendala hal-hal yang tetap ebenarnya bisa di cari alternatifnya, kalau boleh meminjam slogan milik Radio Republik Indonesia, "sekali mengudara tetap mengudara", karena kita LPSE maka menjadi "sekali LPSE tetap LPSE".

LPSE Kab. Kotim mencoba untuk membantu kawan-kawan di daerah lain untuk membangun sistem ini. Tetapi dalam pola pendekatannya tidak ada yang menyatakan bahwa LPSE itu "mudah"  atau "sulit". Tetapi kami sampaikan bahwa LPSE itu "menarik". Banyak hal yang bisa diceritakan kepada kwan-kawan yang baru (calon LPSE). Mulai dari sisi tersedianya komunikasi data yang terbatas, SDM IT yang terbatas ... semua itu hanya tantangan, tetapi ketika di jalankan, ada saja jalan keluarnya. Seperti yang di sampaikan oleh Deputi Bidang ME dan PSI yaitu "sesuatu yang benar dan baik, pasti di Ridhoi Allah dan diberikanNya jalan untuk keluar dari kesulitan", ketika kami bertemu dengan beliau. Benar adanya, kata bijak "kemauan mengalahkan kemampuan".

LPSE Kotim berguru dengan LPSE Kota Banjarbaru dan LPSE Provinsi Kalimantan Tengah, banyak memberikan inspirasi kami untuk selalu "bernafas", apapun tantangan yang muncul. Biaya untuk membangun LPSE banyak yang bisa di konversi dari "mahal" menjadi "cukup". Berapapun dana yang di gelontor oleh APBD, kata pepatah lama java yaitu "madyo". Pepatah itu memberikan dorongan kepada kita untuk berkata "cukup", dengan dasar bahwa manusia itu mempunyai kemampuan yang "unlimited", dan  didorong oleh kata "dedikasi" dan di ramu dengan "kreatif dan inovasi" ... jadilah sebuah LPSE.

Alhamdulillah ... LPSE Kotim yang headernya diganti sejak tengah malam tanggal 7/6/2011 bertepatan dengan di mulainya Rakornas LPSE ke VI, akan siap membantu kawan-kawan yang ingin "berubah", untuk terus berkembang dan "bernafas" dalam hiruk pikuk perkembangan negara yang kita cintai ini.
Selamat dan Sukses 
RAPAT KOORDINASI NASIONAL LPSE KE-VI TAHUN 2011
"Bersama meningkatkan Kualitas LPSE yang selalu berionovasi"


Tidak ada komentar: